Bahasan Lengkap Sedulur Papat Limo Pancer

Sedulur Papat Limo PancerBahasan Lengkap Sedulur Papat Limo Pancer – Jika Anda adalah masyarakat Jawa tentu tidak akan asing dengan sedulur papat limo pancer bukan? Iya, hal ini hampir menjadi bahasan yang selalu hangat. Namun sering ali mengalami kendala untuk menerangkannya, dimana sedulur papat limo pancer sampai sekarang masih menjadi misteri. Selain itu di era yang serba modern ini tentu sangat kurang pas bahasan ini jika dikait-kaitkan. Lalu hasil dari bahasan sedulur papat limo pancer ini apa? Ada tidak nilai positif secara bahasa maupun keuntungan diri? Hal tersebut tidak menjadi penting lagi, karena masyarakat Jawa sangat menjaga dan “mempercayai” sesuatu hal yang di anggap warisan nenek moyang. Baca Juga : Bahasan Lengkap Ilmu Pesugihan.

Sedulur papat limo pancer begitu fenomenal hingga sampai sekarang diperdebatkan khususnya masyarakat Jawa. Kalau soal pemahaman memang harus dikaitkan dengan ilmu pengetahuan, namun sampai saat ini untuk bahasan mengenai hal ini hanya atas dasar logika, soalnya tidak ada referensi mutlak mengenai hal ini. Tentu hal ini akan mengalami kendala, bagaimana tidak? Iya, sesuatu jika hanya didasarkan logika tanpa adanya konteks tekstual maka tidak akan ada jalan keluar pembahasan.

Jadi bahasan akan sesuatu jika ada bukti autentik (tekstual) dan sebagainya maka pembahasan akan sesuatu bisa mencapai titik temu. Sebagaimana jika membahas tentang hukum-hukum agama, maka yang menjadi pijakan kuat adalah kitab suci, karena biasanya sumber hukum dari segala hukum keberagamaan adalah kitab suci.

Namun jika kita tarik kesimpulan akan pemahaman mengenai sedulur papat limo pancer yang menjadi pijakan utama referensinya dari mana? Tidak ada bukan? Nah, ini yang menjadi kendala utama untuk mencapai titik temu.

Namun tidak ada salahnya juia kita bahas sedikit walaupun pijakannnya berasal dari logika. Baiklah, menurut pengalaman dari penulis, setelah mendapatkan beberapa bahan bahasan dari sesepuh Jawa, akhirnya menyimpulkan sesuatu akan keterangan mengenai sedulur papat limo pancer. Dalam kesempatan kali ini penulis menyimpulkan bahwa sedulur papat limo pancer dikategorikan dengan istilah Watman, Wahman, Rahman dan Ariman

Harmonis

Watman adalah dimaknai akan menahan untuk mengeluarkan bayi pertama kali. Ini biasanya di kaitkan perasaan pertama kali ibu dengan calon jabang bayi. Watman ini sangat menentukan awal lahirnya bayi, karena ini adalah tehnik alamiah dari ibu untuk proses pengeluaran bayi.

Wahman merupakan terbukanya kawah, jalan bayi atau jalan lahir utama bayi. Atau dalam bahasa medisnya adalah liang vagina.

Rahman ialah darah yang keluar dalam proses keluarnya bayi. Walaupun berbeda dengan arti menurut bahasa arab namun hal ini apa adanya berdasarkan sumber sesepuh Jawa.

Ariman yang berarati placenta atau ari-ari yang keluar bersamaan dengan si jabang bayi. Entah dari mana bahasa ini didapat, namun bukan maksud mengada-ada, jadi inilah bahasa ynag dipakai oleh para ahli kejawen.

Bahasan di atas sudah terkait dengan sedulur papat (dalam bahasa Indonesia adalah jumlah bilangan empat). Lalu limo (bilangan lima) bahasannya dimana? Iya, limo pancer berarti bayi tersebut. Jadi istilahnya papat limo pancer adalah ketika sudah ada empat tersebut maka terjadilah hal kelima, berarti lengkap sudah.

Namun ada beberapa kontroversi samapi sekarang soal bahasan ini. Dimana ada seorang ahli tafsir modern yang mengatakan bahwa sedulur papat limo pancer ialah berkaitan dengan elemen-elemen alaman. Papat berarti empat elemet yaitu angin, tanah, api dan udara. Jadi jika seseorang menguasai empat elemen tersebut maka orang itu akan menjadi orang yang sempurna.

Namun menurut ahli tersebut yang dimaksud dengan empat elemen bukan berararti benar-benar menguasai akan angin, tanah, api dan udara. Yang dimaksud adalah orang tersebut mampu mengendalikan hawa nafsu yang ada dalam hati dan pikirannya. Kesimpulannya yaitu apabila seseorang tersebut mampu menguasai dan mengendalikan diriny maka sangat berkemungkinan besar menjadi pribadi yang sempurna.

Apakah  Anda pernah mendengar orang shalat bisa sampai di Makkah dalam sekedipan mata walaupun dirinya berada jauh dari tanah suci? Mustahil? Sebenarnya tidak. Kenapa bisa demikian? Karena kunci seseorang menjadi pribadi sempurna dan mampu melakukan sesuatu dibatas kemampuan dirinya adalah apabila dia tahu sedulur papat limo pancer atau dia mampu mengandalikan seluruh elemen dalam dirinya.

Itulah bahasan lengkap mengenai sedulur papat limo pancer. Semua hal tersebut memang berdasarkan pengalaman penulis, Anda boleh percaya boleh tidak, tentu tulisan di atas masih banyak referensi yang harus dikaitkan. Ingat kebenaran hanya milik Tuhan YME. Semoga bermanfaat. Baca juga : Azimat Penglaris Usaha dan Profesi.

414 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Incoming search terms:

  • apa itu sedulur papat limo pancer
  • watman pancer
  • sedulur papat limo pancer menurut joyoboyo
  • satrio piningit sedulur papat limo pancer
  • religius sedulur papat limo pancer
  • mengeluarkan Sedulur papat
  • limo pancer
  • kontek sedulur papat
  • kitab yang membahas sedulur papat
  • www sedulur papat limo pancer

Related posts:

Comments

comments