Misteri Danau Situ Bagendit

Harta yang Tenggelam Karena Ketamakan

Danau Situ BagenditMisteri Danau Situ Bagendit – Situ Bagendit terletak di Jawa Barat desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Situ Bagendit adalah sebuah danau yang sekarang menjadi objek wisata. Dibalik keindahannya, danau situ Bagendit memiliki sebuah cerita. Didalam cerita tersebut, terdapat seorang Janda kaya raya. Bersyukur dengan apa yang dimiliki bisa menambah nikmat yang sudah ada. Namun, tidak untuk Janda tersebut. Situ Bagendit diambil dari nama Janda tersebut, yaitu Bagenda Endit. Bagenda Endit adalah sebutan masyarakat kepada Janda tersebut yang bearti orang kaya Pelit.

Bagenda Endit hanya menyayangi Hartanya dari pada orang-orang disekitarnya. Bahkan Bagenda Endit tidak mau memberikan Air dari sumurnya yang pada waktu itu didesa sedang mengalami krisis air dan hanya sumur Bagende Endit yang masih terdapat Air. Hingga Akhrinya seorang kakek tua menancamkan tongkat ketanah di depan rumah Bagenda Endit. Setalah di cabut tongkat tersebut, keluarlah sumber mata air. Semakin lama air tersebut mengalir deras hingga menenggelamkan rumah, harta dan juga Bagenda Endit sendiri.

Harmonis

Karena begitu besar rasa sayangnya Bagende Endit dengan hartanya, dia berusaha menyelamatkan harta bendanya. Sedangkan orang-orang lain berlarian menyelamatkan diri. Bagenda Endit terus memeluk peti yang berisikan emas hingga sampai pada kematiannya tenggelam bersama harta yang begitu dia sayangi.

Kebenaran Cerita rakyat Situ Bagendit seperti halnya cerita rakyat lainnya. Setiap cerita legenda yang ada bisa saja benar adanya, tapi bisa juga tidak benar kejadiannya. Itulah keunikan sebuah Cerita Legenda yang selalu tersimpan misteri dari kebenarannya sendiri sampai dengan manfaat dibalik cerita-cerita tersebut.

Dari cerita ketamakan dan sifat buruknya, menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk hidup berdampingan saling tolong menolong sesama. Harta memang perlu. Perlu untuk hidup, untuk makan, untuk memenuhi kebutuhan. Semua itu memang tidak bisa dipungkiri. Namun, ada hal yang jauh lebih penting, yaitu tolong menolong sesama. Hidup tidak selalu dalam kelancaran, kadang kalanya setiap orang memerlukan pertolongan. Harta tidak bisa memberi pertolongan. Yang dapat menolong adalah Tuhan Yang Maha Esa melalui sesama umatnya.

Memberi juga tidak akan mengurangi harta yang sudah dimiliki, tapi sebaliknya. Dengan bersedekah dapat menambah nikmat yang sudah ada dengan berkali-kali lipat.

Baca Juga : Cara Membuka Pintu Rezeki.

755 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Incoming search terms:

  • misteri situ bagendit
  • pesugihan situ bagendit
  • info pesugihan garut
  • situ bagendit & cerita mistis

Related posts:

Comments

comments